Ads 468x60px

Sabtu, 11 Januari 2014

.Htaccess

Apa .Htaccess itu?
.Htaccess merupakan ASCII file biasa yang bisa Anda buat melalui text editor seperti notepad atau simple text. Ini akan membantu para webmaster baru dalam memahami file Htaccess.
Htaccess adalah file extensi tanpa nama. Ini bukan nama.Htaccess atau halaman yang berakhiran .Htaccess. ini hanya tertulis .Htaccess tanpa nama.

File ini akan memberikan dampak pada seluruh folder dan subfolder yang akan di load oleh Apache Server. Pada file inilah diletakan perintah untuk konfigurasi server. Untuk membuatnya Anda bisa membuka Text editor kemudian simpan halaman kosong tersebut dengan nama .htaccess.
Htaccess harus di upload dalam ASCII mode, bukan BINARY. Anda perlu mengubah CHMOD ke 644 atau RW-R- -R– . ini akan membuat file dapat dibaca oleh server, tapi mencegah browser untuk dapat membacanya (alasan keamanan). Misalnya, Anda memiliki folder yang diberi password atau halaman yang tidak ingin terlihat oleh pengunjung, jika browser mampu membaca file Htaccess milik Anda maka dengan mudah pengunjung akan mengetahui dimana letak file tersebut dan dapat mengakses file rahasia tersebut dengan mudah.

Untuk memudahkan Anda sebaiknya menulis satu perintah dalam satu baris. Hal ini akan berguna jika terjadi kesalahan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Htaccess akan berdampak pada seluruh folder dan subfolder dimana file ini diletakan. Misalnya, jika Htaccess Anda letakan pada root folder maka perintah pada Htaccess akan berdampak juga pada subfolder didalamnya. Meskipun demikian, kita bisa mencegah hal itu terjadi dengan menambahkan beberapa baris perintah khusus sehingga tidak berdampak pada subfolder  dimana Htaccess diletakan.

Sebelum Anda membuat dan meletakan file Htaccess pastikan Anda telah menulis perintah yang benar. Karena sedikit kesalahan pada Htaccess akan berakibat fatal. Misalnya terjadi loop atau error redirect . sebagai catatan, beberapa situs tidak menggunakan Htaccess karena dapat memperlambat kecepatan website.

0 komentar:

Posting Komentar

Join this site